bunga

Rabu, 24 Oktober 2018

Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Perjalanan Wisata


Dalam perjalanan wisata yang dilakukan oleh  wisatawan tentunya memiliki motivasi dan faktor-faktor dari pendorong maupun motivasi dari perjalanan tersebut. Adanya faktor pendorong mengakibatkan seseorang ingin melakukan perjalanan wisata Ryan (1991 dalam Pitana, 2005) yang menjelaskan faktor pendorong atau mempengaruhi bagi seseorang untuk melakukan perjalanan wisata antara lain sebagai berikut:
Faktor yang pertama adalah Escape, yaitu salah satu faktor yang  Ingin melepaskan diri dari lingkungan yang dirasakan menjemukan atau melepaskan kejenuhan dari pekerjaan sehari-hari. Faktor pendorong selanjutnya ialah Relaxation, yaitu Keinginan untuk penyegaran yang juga berhubungan dengan motivasi untuk escape di atas. Faktor pendorong Play yaitu Ingin menikmati kegembiraan melalui berbagai permainan yang merupakan pemunculan kembali sifat kekanak-kanakan dan melepaskan diri sejenak dari berbagai urusan yang serius.
Strengthening Family Bonds yaitu faktor pendorong yang Ingin mempererat hubungan kekerabatan, khususnya dalam konteks VFR (Visiting Friends and Relations). Faktor Pretige yaitu Untuk menunjukkan gengsi dengan mengunjungi destinasi yang menunjukkan kelas dan gaya hidup yang merupakan dorongan untuk menaikkan status dan derajat sosial. Social Interaction yaitu faktor pendorong  Untuk melakukan interaksi sosial dengan teman sejawat atau dengan masyarakat lokal yang dikunjungi. Faktor pendorong dari Romance yaitu Keinginan untuk bertemu dengan orang-orang yang bisa memberikan suasana romantis untuk memenuhi kebutuhan seksual khususnya dalam pariwisata seks.
Faktor pendorong Educational Opportunity yaitu Keinginan untuk melihat sesuatu yang baru, mempelajari orang lain atau daerah lain, atau kebudayaan etnis lain. Hal ini pendorong yang dominan dalam pariwisata. Faktor pendorong Self-Fulfilment yaitu  Keinginan untuk menemukan jati diri sendiri karena diri sendiri biasanya bisa ditemukan pada saat kita menemukan daerah atau orang baru. Sedangkan faktor pendorong Wish Fulfillment yaitu  Keinginan untuk merealisasikan mimpi-mimpi yang dicita-citakan sampai mengorbankan diri dengan cara berhemat agar bisa melakukan perjalanan. Faktor pendorong dari Financial Security yaitu Kemampuan financial masyarakat. Faktor yang mempengaruhi motivasi perjalanan wisata yang terakhir adalah  Leisure Time yaitu Menggunakan waktu senggang yang dimiliki.



Nurul Ika Herlina
3SA04
15616623

Tidak ada komentar:

Posting Komentar